08 Mei, 2016

Wisata Gunung Anjoro Pitu' Mamuju

Liburan akhir pekan yang cukup panjang, tanpa rekan-rekan dari tempat kerja yang ikut melancong ke Kota Mamuju, harus mempersiapkan diri untuk berangkat sendiri dari kota Makassar, Sulawesi Selatan menuju ke Kota Mamuju, Sulawesi Barat dengan menempuh jarak sekitar 450km dengan waktu tempuh sekitar 10 jam perjalanan dengan menggunakan sepeda motor… wah., lumayan juga perjalanannya


Saya tertarik untuk berbagi cerita tentang Gunung Anjoro Pitu' yang sekarang berhiaskan Landmark MAMUJU CITY.

Wisata mendaki gunung di Tahun 1990-an menuju ke Gunung Anjoro Pitu' ini menjadi bagian yang sangat populer di kalangan kelompok pemuda ataupun kelompok Pramuka, pada saat itu jalan menuju lokasi ini sangat terjal dengan jalan yang rusak dan medan yang sulit untuk di lalui kendaraan roda dua terlebih lagi kendaraan roda empat.

Anjoro Pitu' ini merupakan bahasa lokal setempat yaitu ‘anjoro’ = kelapa dan ‘pitu’ = tujuh, jadi ‘anjoro pitu'’ = ada tujuh pohon kelapa. Konon katanya di gunung itu terdapat tujuh pohon kelapa. Namun, saat ini pohon kelapa tersebut entah di mana keberadaannya, dan sudah nampak beberapa pohon kelapa lain yang ada, jadi nama Gunung Anjoro Pitu saat ini yang sering digunakan oleh penduduk setempat hanya untuk mengenang keberadaan pohon kelapa sebanyak tujuh pohon yang pernah tumbuh di pegunungan ini.

Akses menuju ke tempat ini ada beberapa opsi yaitu melalui Padang Panga', dari Kota Mamuju menuju ke arah RSUD Kota Mamuju lalu menuju ke Lapangan latihan menembak TNI-AD. Ada juga jalan dari kota Mamuju menuju ke Arah kota Palu, di Ujung jalan Kota Mamuju ada simpang lima, arahnya ke kanan mengikuti tepi sungai hingga tiba di ‘kali mamuju’ (sebutan yang akrab digunakan oleh warga setempat untuk menyebut Sungai Mamuju) di ujung jalan akan terdapat pertigaan, yang ke kanan menuju ke Gunung Anjoro Pitu', saya memilih jalur ini untuk pergi sekalian menghirup udara segar yang tidak di dapatkan di perkotaan di sepanjang sungai menuju kaki pegunungan, dan jalan yang terakhir melalui jalan yang terdekat dari kota yaitu melalui jalan dekat Stadion Sepak Bola Mamuju, nah itu beberapa opsi jalan, untuk keselamatan gunakan kendaraan yang memungkinkan karena kondisinya tanjakan dari kota hingga sampai di atas Gunung.
Jalan dari Arah dekat Stadion Sepak Bola Kota Mamuju
Di Anjoro Pitu', saat ini terdapat bangunan tempat tinggal Bupati Mamuju, jadi untuk bertemu dengan Bupati Mamuju di luar jam dinas harus mendaki gunung dulu...hehe
Rumah Jabatan Bupati Mamuju
Selain itu ada, Landmark ala Hollywood ini yang sudah memperoleh rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai landmark terpanjang dengan panjang 160 meter dan tinggi 16 meter pada HUT RI ke-69. Wah keren ya….
Landmark MAMUJU CITY (gambar 1)
Landmark MAMUJU CITY (gambar 2)
View dari Gunung ini sangatlah indah karena kita bisa melihat sebagian besar Kota Mamuju yang model perumahan warga dan bangunan lainnyanya tampak seperti Kecebong, dari tempat ini juga tampak Pulau Karampung yang juga menawan. 
Pulau Karampuang tampak Indah dari atas Gunung Anjoro Pitu

Tanjung Rangas tampak dari Gunung Anjoro Pitu

Jadi jangan lupa untuk berkunjung ke tempat ini jika ada di Kota Mamuju

Tidak ada komentar:

Posting Komentar